Senin, 09 November 2015

Accounting Information System (AIS)

Sebelum kita mengetahui dan mempelajari Accounting Information System (AIS), terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu sistem. Sitem adalah unsur-unsur yang erat berhubungan satu dengan lainnya untuk mencapai tujuan tertentu. Sistem memiliki beberapa karakteristik yaitu, memiliki tujuan, ada kegiatan input, proses dan output, ada lingkungan dan batas, ada subsistem, adanya saling ketergantungan antar sistem dengan subsistem, memiliki keterbatasan internal dan eksternal dan yang terakhir ada pengendalian atau kontrol. Setelah kita mengetahui apa itu sistem dan karakteristiknya kita akan mendapat sedikit gambaran tentang apa itu Accounting Information System (AIS).
Accounting Information System (AIS) sendiri adalah susunan formulir, catatan dan laporan yang dikoordinasi untuk memberikan informasi keuangan kepada pihak manajemen untuk mempermudah pengambilan keputusan oleh pihak manajemen . Accounting Information System (AIS) berbasis komputer dimana perangkatnya berupa hardware, software dan brainware. Accounting Information System (AIS) tentunya sangat bermanfaat bagi internal perusahaan, manfaat-manfaatnya yaitu, dapat melakukan pemprosesan data-data perusahaan secara efektif dan efisien, dengan Accounting Information System (AIS) dapat memberikan informasi yanng bermanfaat untuk pengambilan keputusan oleh pihak manajemen, dapat melakukan pengendalian atas kegiatan operasi perusahaan dan meningkatkan kualitas perusahaan.
          Jika ditanya apakah Accounting Information System (AIS) berhubungan dengan akuntansi, jawabannya adalah tentu saja. Hubungannya adalah karena data-data yang diolah (input) oleh AIS itu sendiri adalah data-data akuntansi dan yang dihasilkan (ouput) oleh AIS adalah informasi akuntansi guna mempermudah manajemen dalam pengambilan keputusan. Ouput dari AIS ada dua yaitu Informasi Akuntansi Keuangan (IAK) dan Informasi Akuntansi Manajemen (IAM) keduanya tentu saja memiliki perbedaan.
Informasi Akuntansi Keuangan (IAK) menyediakan informasi keuangan bagi pihak eksternal perusahaan seperti investor, kreditor dan lain sebagainya. IAK menyajikan informasi perusahaan secara keseluruhan yaitu keseluruhan aset, liabilitas dan ekuitas perusahaan, IAK menghasilkan laporan secara periodik seperti laporan posisi keuangan, laba rugi, dan lain sebagainya guna mempermudah pengambilan keputusan  pihak eskternal dengan perusahaan.

Sedangkan Informasi Akuntansi Manajemen (IAM) menyediakan informasi keuangan bagi keperluan manajemen perusahaan, IAM hanya menyajikan informasi yang rinci tentang bagian-bagian tertentu perusahaan. Tujuan pemakaian informasi untuk internal perusahaan adalah mempermudah pengambilan keputusan mengenai perusahaan dan bagiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar